Pendidikan Bahasa Jerman Menyambut Sosialisasi Magang MSIB Batch 6 Museum Sandi

YOGYAKARTA (22/06/2023) - Museum Sandi mengadakan sosialiasi program MSIB kepada mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Jerman FBSB UNY. Informasi program MSIB ini disampaikan oleh Diah Ayu Runi Ramadhani, alumni Pendidikan Bahasa Jerman yang kini berkiprah di Museum Sandi. Kegiatan diadakan di ruang seminar gedung WS Rendra FBSB UNY pada tanggal 22 Juni 2023. Meskipun didominasi oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman, terdapat pula peserta dari departemen lain yaitu mahasiswa Pendidikan Bahasa Perancis dan Pendidikan Seni Rupa.

Museum Sandi terdaftar dalam Batch 6 Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan merupakan  satu-satunya museum yang bertindak sebagai mitra. Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbud Ristek. Kemendikbud Ristek mengembangkan program MSIB untuk membantu mahasiswa mengenal jenis pekerjaan dan memberikan pengalaman profesional. Selain itu pengalaman belajar yang dilakukan di luar kampus melalui magang ini dapat dikonversikan menjadi SKS atau Satuan Kredit Semester sesuai dengan kebijakan universitas. 

Saat ini, 10.983 peserta telah mendaftar di Museum MSIB. Pendaftaran MSIB Batch 6 Museum Sandi ini meningkat lima kali lipat dari MSIB Batch 5 kemarin. Selain itu, persaingan untuk dapat terpilih dalam program ini terbilang ketat, karena tidak hanya mahasiswa dari Yogyakarta saja yang dapat memdaftar. Mahasiswa dari daerah luar DIY, bahkan di luar Jawa, seperti Bali, Semarang, Palembang, Sambas, dan juga menunjukkan antusiasme yang besar dalam pendaftaran. Di Museum Sandi, MSIB Batch 6 menawarkan enam pekerjaan yaitu Junior Educator, Content Creator, Guide Museum, Branding Museum, Assistant Kurator, dan Secretary. Nantinya mahasiswa magang akan berpartisipasi dalam program selama lima bulan dan kegiatan program dapat dikonversi. Diah Ayu menjelaskan, "Nantinya kita akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa magang itu dengan enam profesi permuseuman tersebut dan nantinya akan di dampingi dengan mentor di bidangnya masing-masing." 

Informasi pendaftaran magang di Museum Sandi dapat langsung di akses dengan mengunjungi website kampusmerdeka.kemdikbud.go.id pada bagian magang merdeka. Setelah itu dapat langsung memilih mitra di Museum Sandi dan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan dalam pendaftaran. (Astri)