Pelatihan PTK Untuk Guru-guru Bahasa Jerman Tingkat Nasional

Jerman-FBS. Ada sebuah pertanyaan bahwa hingga kini masih banyak para guru (guru bahasa Jerman) yang belum melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pertanyaan tersebut bisa saja terbukti di sebagian wilayah tertentu dan tidak berlaku untuk wilayah lain. Tapi yang harus kita sadari bersama adalah bahwa setiap guru pasti telah menjumpai banyak masalah dalam proses pembelajaran di kelas. Dan segudang masalah ini sebenarnya dapat menjadi modal bagi guru untuk dituangkan dalam tulisan dalam bentuk PTK.

Sebenarnya apa yang menyebabkan PTK belum menjadi budaya di sebagian wilayah tertentu? Apakah mereka menganggap PTK sama dengan skripsi sehingga terbayang betapa rumitnya sebuah skripsi, atau banyak guru yang belum memahami profesinya sebagai guru, atau mereka terjebak dalam rutinitas sehari-hari sehingga tidak sempat lagi membaca dan menulis?

Untuk membersamai para guru agar lebih termotivasi kembali untuk melakukan PTK, maka Tim PPM (Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNY akan melaksanakan sebuah kegiatan dengan tema” Pelatihan PTK Untuk Guru-guru Bahasa Jerman Tingkat Nasional” yang akan dilaksanakan pada tanggal 3, 10 dan 24 Juli 2021.  Melalui pelatihan tersebut diharapkan guru  dapat memperoleh pengetahuan mengenai Penelitian tindakan Kelas, dapat menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Di samping itu, diharapkan pelatihan ini  juga dapat menambah pengetahuan tentang teori Penelitian Tindakan Kelas, membuat proposal Penelitian Tindakan Kelas yang relevan dengan  pembelajaran Bahasa Jerman di SMA, dan dapat melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas di sekolah masing-masing.

Pada hari pertama, yaitu pada tanggal 3 Juli 2021, peserta akan diajak berdiskusi dengan para pakar PTK.

  • Sesi Pertama tentang Hakikat Penelitian Tindakan oleh Dr. Iman Santoso, M.Pd
  • Sesi Kedua tentang Hakikat Penelitian Tindakan Kelas oleh Dra. Retno Endah S.M
  • Sesi Ketiga tentang Model-model Penelitian Tindakan Kelas oleh Drs. Sudarmaji, M.Pd.
  • Sesi Keempat tentang Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Jerman oleh Aditya Rikfanto, M.A
  • Sesi Kelima tentang Penyusnan Proposal Penelitian Tindakan Kelas oleh Dr. Isti Haryati, M.A

 

Pada hari kedua, peserta akan dibersamai untuk menyusun  Proposal penelitian PTK oleh Tim PPM. Dan kegiatan akan diakhiri dengan Presentasi Proposal Penelitian Tindakan oleh Tim PPM. (AKS)

Tags: