Seminar Penulisan Skripsi Bersama Profesor Korakoch Attaviriyanupap

YOGYAKARTA (22/11/2023) - Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahas, Seni dan Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah sukses menyelenggarakan seminar penulisan skripsi yang menghadirkan Prof. Korakoch Attaviriyanupap dari Silpakorn University sebagai pembicara.

Acara yang diadakan di Ruang Seminar Gedung Kuliah 1 W.S Rendra, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya ini dibuka dengan kata sambutan dari Prof. Dr. Drs. Pratomo Widodo, M.Pd. Kehadiran Prof. Korakoch Attaviriyanupap sebagai pembicara utama memberikan wawasan mendalam mengenai berbagai aspek penulisan skripsi di bidang bahasa Jerman.

Dalam presentasinya, Frau Korakoch membahas lima jenis bidang skripsi di Silpakorn University, seperti Linguistik, DaF, Literatur, Kunst, Kultur und Medien, Politik, Gesellschaft oder Geschichte. "Penjelasan ini memberikan pemahaman mendalam bagi mahasiswa yang tengah memasuki tahap krusial penulisan skripsi," ujar Saturninus Yuvenso Jawa, mahasiswa semester 5 yang memandu jalannya acara.

Peserta seminar, yang mayoritas mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, tampak antusias dalam sesi tanya jawab. Shafa Agvenda mengajukan pertanyaan mengenai peluang riset di masa depan, menunjukkan ketertarikan terhadap pengembangan bidang penelitian yang akan diambil  sebagai tema dari skripsi.

Mico Nopriansyah, salah satu peserta menyatakan bahwa acara ini memberikan wawasan berharga, terutama dalam memilih bidang penelitian. "Saya semakin yakin untuk melanjutkan di bidang linguistik berkat presentasi Frau Korakoch," ucapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, menegaskan peran penting seminar dalam memperkaya pengetahuan dan membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi lebih lanjut dalam tugas akhir mereka.

Seminar ini berhasil menciptakan suasana yang dinamis dan interaktif  dan menjadikan pengalaman berharga bagi mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman FBSB UNY.  Melalui program ini diharapkan mahasiswa akan semakin termotivasi dan mampu mengeksplorasi potensi penelitian mereka dengan lebih baik dan besar harapan terdapat juga program serupa di masa yang akan datang. (Mico)