Pelatihan Pengolahan Ide dan Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SMA Muhammadiyah Ponjong, Gunungkidul

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Penugasan Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (FBS-UNY) telah melaksanakan kegiatan pelatihan bertajuk "Pelatihan Pengolahan Ide dan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)" yang bertempat di SMA Muhammadiyah Ponjong, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung dari bulan Maret hingga September 2024 ini menjadi bentuk nyata kontribusi akademisi UNY dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah mitra.

Tim pelatihan ini dipimpin oleh Prof. Dr. Drs. Pratomo Widodo, M.Pd., dengan anggota Dra. Yati Sugiarti, M.Hum., Dr. Tyas Gita Atibrata, M.A., dan Diyan Fatimatuz Zahro, M.A. Mereka memberikan materi yang mendalam mengenai pentingnya PTK dalam mendukung kemajuan kompetensi guru, khususnya sebagai upaya perbaikan kualitas pembelajaran melalui penelitian praktis yang berkelanjutan. PTK juga menjadi salah satu langkah penting bagi guru dalam memenuhi kebutuhan pengembangan profesional, termasuk persyaratan kenaikan pangkat.

Tujuan dari pelatihan ini tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan para guru dalam melakukan penelitian, namun juga mendukung pencapaian indikator kinerja utama universitas, yaitu memperluas kegiatan dosen di luar kampus. Program ini memberikan ruang bagi guru-guru SMA Muhammadiyah Ponjong untuk menguasai keterampilan siklus penelitian yang relevan dan aplikatif dalam pembelajaran di kelas.

Kegiatan ini berlangsung dalam lima pertemuan yang dilaksanakan secara luring maupun daring. Pertemuan pertama pada 8 Maret 2024 dilaksanakan secara luring di SMA Muhammadiyah Ponjong, berfokus pada pengenalan materi dan pengolahan ide penelitian. Pertemuan kedua dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada 22 Maret 2024, dimana para guru mendapatkan bimbingan dalam menyusun proposal penelitian. Pertemuan ketiga pada 15 Juni 2024 mengajak para peserta untuk memantapkan proposal PTK mereka melalui kegiatan luring di lokasi yang sama. Pada pertemuan keempat, yang diadakan secara daring pada 10 September 2024, para guru berkesempatan mempresentasikan proposal mereka kepada fasilitator dan peserta lain, sehingga mendapatkan masukan yang konstruktif.

Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan resmi serta penyerahan bingkisan berupa buku kepada para peserta sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif mereka. Harapannya, pelatihan ini dapat menjadi langkah awal yang berkelanjutan bagi guru-guru SMA Muhammadiyah Ponjong dalam melakukan penelitian mandiri untuk meningkatkan mutu pembelajaran, sekaligus meningkatkan profesionalitas mereka di bidang pendidikan.